Artikel

Content Writer, Writer Web, dan SEO Writer

Penjelasan Lengkap Content Writer, Writer Web, dan SEO Writer

Makin hari, jenis pekerjaan semakin beragam. Hal ini biasanya terjadi karena kebutuhan akan pemenuhan Sumber Daya Manusia di bidang-bidang yang baru, terutama di bidang teknologi. Penjabaran teknologi begitu luas. Salah satu perkembangannya yaitu website. Sekarang, ada banyak perusahaan yang membutuhkan Writer Web, Content Writer, maupun SEO Writer untuk mengisi Website mereka dengan ragam artikel.

Belakangan ini, ada banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja ketiga jenis pekerjaan di atas. Pada intinya, semuanya tentang menulis. Walaupun ketiganya mirip, tapi ternyata tidak bisa disamakan karena ternyata memiliki perbedaan.

Penjelasan lengkap Content Writer, Writer Web, dan SEO Writer ini akan membantu kamu memahami ketiganya agar tahu ketika akan melamar kerja nanti.

Pengertian Content Writer, Writer Web, dan SEO Writer

Sebelum masuk ke pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pewawancara seputar ketiga jenis writer di atas, MILO (Admin Loker @lowongankerjah) akan menjelaskan dulu nih seputar pengertian ketiganya. Semua tulisan ini dibuat berdasarkan pemahaman MILO selama terjun ke dunia tulis-menulis ya. Jadi, kalau ada yang ingin mengambil sebagian atau keseluruhan isi tulisan ini, mohon izin terlebih dahulu di kolom komentar dan cantumkan sumber!

Pengertian Content Writer

Content Writer adalah seorang penulis konten yang menuliskan salah satu atau berbagai jenis tulisan, bergantung pada kebutuhan pihak pencari. Penulis ini bisa berfokus pada satu bidang saja, atau lebih.

Misalnya, Content Writer Teknologi menulis untuk jenis tulisan teknologi. Content Writer Finance menulis untuk jenis tulisan keuangan. Lalu, Content Writer Homey menulis untuk jenis tulisan dekorasi, kebutuhan rumah tangga, dan perlengakapan rumahan lainnya.

Kemudian, Content Writer Travel menulis untuk jenis tulisan perjalanan, wisata, atau seputar liburan. Begitu juga untuk jenis tulisan seperti kesehatan, kuliner, kecantikan, parenting, dan lain-lain.

Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bagi satu orang Content Writer bisa menguasai berbagai jenis atau topik tulisan. Bisa saja, seorang Content Writer bisa menuliskan beragam jenis tulisan. Bahkan, bisa menuliskan semuanya asalkan sudah menguasai bahan yang akan ditulis.

Pengertian Writer Web

Writer Web adalah seorang penulis yang akan menulis untuk kebutuhan web. Sama seperti content writer, writer web juga bisa menguasai satu saja atau bahkan beberapa jenis tulisan untuk kebutuhan web.

Biasanya, sebuah perusahaan memiliki website. Agar website tersebut tidak kosong, mereka membutuhkan writer web untuk mengisi tulisan-tulisan di dalamnya. Tulisan ini biasanya mengenai tema-tema yang berhubungan dengan bidang perusahaan.

Misalnya, perusahaan A bergerak di bidang industri tekstil, maka mereka akan mencari Writer Web yang paham tentang tekstil atau minimal mau mencari tahu beragam informasi seputar tekstil dan menuliskannya ke dalam sebuah tulisan untuk kebutuhan web.

Pengertian SEO Writer

SEO Writer adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization Writer. SEO Writer merupakan sebuah upaya pengoptimalan mesin pencari agar tulisan yang dibuat bisa tampil pada halaman utama web. Ada beragam jenis mesin pencari, seperti Google, Bing, Yahoo!, dan lain sebagainya.

Mesin pencari ini biasanya digunakan para pencari informasi untuk menemukan tulisan yang mereka butuhkan. Nah, tugas SEO Writer ini yaitu harus mampu membuat tulisan bisa muncul di halaman pertama mesin pencari tersebut.

Kenapa harus halaman utama? Alasannya simpel. Ketika seseorang mencari informasi di mesin pencari, biasanya mereka melihat mana yang pertama kali mereka temukan dan itu pasti pada halaman utama. Oleh karena itu, seorang SEO Writer harus paham mengenai SEO dan algoritma mesin pencari agar tulisan yang dibuat bisa memenuhi standar yang dibutuhkan mesin pencari.

 

Persamaan

Sama-sama tentang Menulis

Jenis Tulisan Sama

Sama-sama Tidak Ada Batasan Jumlah Kata

 

Perbedaan

Sudah tahu perbedaan Content Writer, Writer Web, dan SEO Writer? Kalau belum, simak penjelasan di bawah ini.

Perbedaan Tujuan Penulisan

Perbedaan Penulisan Secara Teknis

Perbedaan Target Tulisan

Demikian penjelasan mengenai Content Writer, Writer Web, dan SEO Writer. Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang contoh ketiganya, kamu bisa baca di Pojokata.

 

Leave a Comment